Menu Close

Berita & Acara

Apa Itu FAQ? Pentingkah untuk Sebuah Website?

Apa Itu FAQ
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Saat memasuki sebuah web, Anda seringkali menemukan halaman FAQ atau Frequently Asked Questions. Pada saat Anda membukanya, umumnya akan terdapat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan produk/jasa yang paling sering ditanyakan oleh para pengunjung. 

Perlu Anda ketahui bahwa halaman FAQ merupakan bagian terpenting dalam sebuah website, terutama untuk web bisnis yang menawarkan suatu produk. Karena dengan adanya halaman ini, maka para pengunjung website Anda dapat mengetahui dengan singkat mengenai penjelasan produk atau layanan yang tersedia. 

Untuk penjelasan lebih dalam terkait apa itu FAQ, apa saja fungsi dan tips membuatnya, silahkan simak uraiannya berikut ini.

Apa Itu FAQ

FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions, yang berarti Pertanyaan yang Sering Diajukan. FAQ adalah halaman web atau dokumen yang mengumpulkan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna atau pelanggan dan menyediakan jawaban atau solusi untuk pertanyaan tersebut. Tujuannya adalah untuk membantu pengguna atau pelanggan Anda menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tidak bertele tele.

FAQ sangat penting keberadaannya dalam situs. Dengan adanya FAQ, maka para pengunjung dapat mengetahui seluruh informasi umum yang ingin mereka ketahui secara mandiri tanpa perlu lagi mengajukan pertanyaan melalui Chatbot atau customer service secara online

Banyak orang berpikir bahwa halaman FAQ tidak berkontribusi apa-apa dalam hal pemasaran (marketing). Namun, yang perlu diketahui bahwa halaman FAQ dapat meningkatkan persepsi pengunjung dan pelanggan mengenai situs Anda. Bahkan tidak jarang mereka dapat memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian hanya dengan membaca pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di dalam halaman FAQ.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

Fungsi FAQ untuk Website

Berikut beberapa alasan penting mengapa situs website harus memiliki halaman Frequently Asked Question.

1. Membantu Menjawab Pertanyaan

Salah satu peran penting dari FAQ itu sendiri adalah untuk membantu para pengunjung mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang ingin mereka ajukan. Ini juga akan memudahkan para pengunjung situs untuk mengenali produk atau layanan yang tersedia. Pertanyaan yang tersedia pun biasanya memang pertanyaan umum yang sering pengunjung tanyakan. 

Dengan adanya halaman ini, para pengunjung juga tidak akan tersesat saat akan menjelajahi situs milik Anda. Karena, halaman FAQ-lah yang nantinya akan membantu menavigasi para pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

2. Memberikan Pengalaman yang Baik

Anda dapat memberikan pengalaman yang baik kepada para pengunjung dengan menata halaman FAQ dengan rapi dan tertata. Dari adanya pengalaman berkunjung yang baik, maka akan mendorong keterlibatan pengunjung untuk melakukan pembelian dan tentu saja menghasilkan lebih banyak konversi serta penjualan secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Manfaat Website untuk Sebuah Perusahaan

3. Meningkatkan Kepercayaan

Selain dapat memberikan pengalaman yang baik, FAQ juga bermanfaat untuk membangun kepercayaan para pengunjung website Anda. Hal ini karena FAQ kerap kali dianggap sebagai bagian dari customer support, yang menjadikannya bukti bahwa bisnis Anda peduli terhadap masalah yang dihadapi oleh pengunjung website.

4. Meningkatkan SEO

Tahukah Anda bahwa semua daftar pertanyaan dan jawaban dari halaman FAQ website Anda secara tidak langsung dapat membantu Google atau mesin pencarian (search engine) lainnya untuk memahami isi dari situs web?

Mulai dari identitas perusahaan, jenis layanan maupun produk bahkan sampai pertanyaan umum mengenai situs, dapat muncul pada mesin pencarian seperti Google. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan SEO pada situs Anda. 

Jadi secara sederhananya, halaman FAQ dapat membantu meningkatkan traffic SEO pada suatu situs secara gratis dan mudah.

5. Memangkas Waktu dan Biaya

Sebuah website yang memiliki halaman FAQ lengkap tentu dapat memudahkan para pengunjung untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Namun bukan hanya itu saja, FAQ yang lengkap juga dapat memangkas waktu yang pengunjung miliki agar tidak terbuang sia-sia hanya untuk mencari sebuah jawaban. 

Selain waktu, perusahaan juga dapat memangkas biaya atas penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan melalui email, pesan maupun melalui telepon.

Baca juga: Apa Itu Cloud Native dan Kelebihannya?

Tips Membuat FAQ Website untuk Bisnis

Setelah memahami manfaat memiliki FAQ di suatu website, inilah saat untuk membuatnya. Bagaimana caranya? Simak penjelasan dibawah ini:

1. Kumpulkan Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan

Tips pertama untuk membuat FAQ yang harus dilakukan yaitu berfokus pada kebutuhan calon konsumen dan pelanggan Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu berfokus pada pertanyaan yang sering ditanyakan.

Hindarilah membuat FAQ yang hanya berdasarkan asumsi perusahaan saja, karena hanya akan membuat informasi yang ditampilkan tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Cara terbaik untuk mengumpulkan pertanyaan yang benar-benar dibutuhkan yaitu dengan melakukan survei atau langsung menanyakan kepada customer service mengenai masalah yang paling sering dihadapi oleh pelanggan.

2. Berikan Jawaban yang Mudah Dipahami

Tidak hanya menyajikan jawaban yang ringkas (to the point) dan akurat, Anda juga perlu memahami segmen konsumen.

Contoh, gunakanlah bahasa yang sedikit formal untuk konsumen dengan segmentasi menengah ke atas. Sebaliknya, apabila Anda menyasar segmen milenial, maka gunakanlah bahasa yang kekinian.

3. Cek dan Perbaharui Halaman FAQ

Tips membuat FAQ yang terakhir adalah menganalisis FAQ tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah FAQ masih memungkinkan untuk dioptimalkan.

Perhatikan pertanyaan-pertanyaan baru yang masuk agar Anda dapat melakukan pembaharuan secara berkala, satu bulan sekali. Selain itu, tempatkanlah FAQ di tempat yang mudah diakses oleh calon pelanggan dan/atau pelanggan Anda.

4. Buat Kategori Pertanyaan

Buat kategori untuk pertanyaan yang berbeda, sehingga pengguna atau pelanggan dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

5. Jadikan Halaman FAQ Mudah Terlihat

Letakkan halaman FAQ di tempat yang mudah diakses, seperti halaman depan website atau di menu navigasi agar pelanggan Anda tidak kesulitan mencari saat butuh jawabannya.

6. Buat Tersedia dalam Beberapa Bahasa

Jika konsumen Anda berskala Internasional, maka buatlah halaman FAQ yang tersedia dalam beberapa bahasa sehingga memudahkan pengguna atau pelanggan Anda yang berbicara bahasa yang berbeda dapat memahami.

Baca juga: Kenapa Anda Butuh Cloud Backup?

Contoh FAQ yang Bisa Anda Gunakan

Contoh halaman FAQ pada sebuah blog atau website

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan standar yang mungkin Anda temukan di berbagai halaman utama pada sebuah website.

  • Apakah produk ini sudah lulus uji BPOM dan Halal?
  • Apakah saya membutuhkan akun untuk bisa melakukan pesanan?
  • Saya lupa password. Apa yang harus saya lakukan?
  • Bagaimana cara saya membayar pesanan?
  • Bagaimana cara saya melacak pesanan yang sudah dikirim?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak menerima pesanan?
  • Bagaimana cara mengubah atau membatalkan pesanan?
  • Apakah saya bisa melakukan refund?
  • Apakah kami memiliki media sosial ?

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mengetahui apa itu FAQ, manfaatnya untuk sebuah website, serta contoh dan tips membuat FAQ yang efektif. Selain halaman FAQ, Anda perlu juga memastikan website Anda telah memiliki fitur keamanan agar data-data penting Anda tidak mudah diserang oleh virus seperti Malware.

Tentu saja Anda tak perlu bingung mencari fitur keamanan website karena Cloudeka hadir membantu dengan layanan Deka Web Application Firewall (WAF) yang dapat diandalkan untuk melindungi website Anda. Segera hubungi Cloudeka sekarang juga!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.