Menu Close

Privacy Notice

Pemberitahuan PDP (Pelindungan Data Pribadi)

Penggunaan Layanan PT Aplikanusa Lintasarta

PT Aplikanusa Lintasarta adalah entitas bisnis yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, selanjutnya disebut “Kami”.

PT Aplikanusa Lintasarta menyadari sepenuhnya bahwa Data Pribadi merupakan aset yang penting, sehingga Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan Pelindungan terhadap Data Pribadi Anda.

PT Aplikanusa Lintasarta menerapkan kebijakan dan praktik pelindungan sesuai Undang-Undang PDP, untuk pemrosesan data terkait dengan pengunaan layanan Kami (selanjutnya disebut “Pemberitahuan PDP”).

Pemberitahuan PDP ini berlaku untuk semua pengunjung dan pengguna Layanan Kami, antara lain:

  1. Layanan komunikasi data (Connectivity).
  2. Layanan penyediaan fasilitas pusat data (Data Center).
  3. Layanan keamanan Cyber (Cyber Security).
  4. Layanan menyediakan komputasi awan (Cloud).
  5. Layanan IT Outsourcing Services.
  6. Layanan sistem informasi manajemen kesehatan.
  7. Portal Rekrutmen.

(selanjutnya disebut “Layanan”)

Semua pengunjung dan pengguna Layanan (Subjek Data Pribadi) yang menggunakan Layanan Kami (selanjutnya disebut “Anda”).

Mohon agar Anda dapat membaca dan memahami Pemberitahuan PDP ini dengan seksama, agar Anda memahami bagaimana pemrosesan Data Pribadi Anda.

Pemberitahuan PDP ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Ruang Lingkup Pemberitahuan PDP

    Pemberitahuan PDP ini mengatur tentang kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang diterapkan oleh PT Aplikanusa Lintasarta sebagai Pengendali Data Pribadi dalam memperoleh, memperbaiki, memperbaharui, menyebarluaskan, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mengungkapkan, menghapus, dan memusnahkan (selanjutnya disebut “Pemrosesan”) Data Pribadi Anda.

     

  1. Hak Subjek Data Pribadi

    Sebagai Subjek Data Pribadi, Anda berhak untuk:
    1. Mendapatkan informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi, dan akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi.
    2. Melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
    3. Mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    4. Mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    5. Menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi tentang diri Anda yang telah diberikan kepada Pengendali Data Pribadi.
    6. Mengajukan keberatan atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pembuatan profil, yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada Subjek Data Pribadi.
    7. Menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
    8. Mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi tentang diri Anda dari Pengendali Data Pribadi dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik.
    9. Menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi tentang diri Anda ke Pengendali Data Pribadi lainnya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai dengan prinsip Pelindungan Data Pribadi (PDP) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    10. Dan hal lainnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada Undang-Undang PDP.

 

  1. Data Pribadi Yang Diproses

    Kami memperoleh dan mengumpulkan informasi yang mengidentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik yang terkait dengan informasi tersebut yang dalam hal ini terbatas pada Layanan.

    Data Pribadi yang dikumpulkan dan diproses adalah Data Pribadi Anda yang diberikan berdasarkan persetujuan Anda secara langsung atau melalui kontraktual saat mendaftar atau menggunakan Layanan Kami melalui aplikasi atau portal website yang Kami kelola untuk memberikan Layanan kepada Anda seperti portal www.lintasarta.net, www.cloudeka.id, www.owlexa.com.

    Data Pribadi yang dibutuhkan oleh Kami untuk menyelenggarakan Layanan, meliputi Data Pribadi yang bersifat umum dan spesifik yang sesuai dengan produk yang Anda gunakan, antara lain sebagai berikut:

    • Data Umum seperti:
      • Nama lengkap.
      • Jenis kelamin,
      • Nomor handphone,
      • Alamat email,
      • Alamat kantor atau rumah.
      • Nomor Induk Identitas Kependudukan (KTP)
    • Data Spesifik seperti:
      • Informasi keuangan seperti NPWP.

 

  1. Tujuan Pemrosesan Data Pribadi


    Kami
    mengumpulkan Data Pribadi dalam berbagai bentuk tujuan, yang diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

    Dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda, Kami memiliki tujuan pemrosesan Data Pribadi (“Tujuan”) sebagai berikut:

    1. Untuk kebutuhan pemasaran dari Layanan dan produk yang ditawarkan oleh Kami, hal ini termasuk mengirimkan promosi, produk baru, berita, survei, serta pembaruan terkait Layanan Kami;
    2. Untuk menjalankan peraturan perundang-undangan;
    3. Untuk memberikan Layanan kepada Anda;
    4. Untuk menjalankan penyelesaian masalah terkait akses terhadap Layanan;
    5. Untuk melakukan pemeliharaan, peningkatan, pengembangan, pengujian, serta mempersonalisasikan aplikasi, maupun Layanan Kami untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda;
    6. Untuk kebutuhan pemrosesan Data Pribadi guna menghasilkan data profil Anda sebagai Subjek Data Pribadi;
    7. Untuk mengundang Anda ke event yang diselenggarakan oleh Kami.

 

  1. Penyimpanan Data Pribadi

    Kami berkomitmen untuk menyimpan Data Pribadi Anda dengan pelindungan terbaik selama diperlukan untuk menyediakan Layanan. Sebagian dari Data Pribadi dapat pula dikelola, diproses, dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami guna menjaga kinerja Layanan dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektivitas pengawasan sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

    Kami menyimpan Data Pribadi Anda sebagaimana disebutkan di atas sepanjang hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan mengapa Data Pribadi tersebut dikumpulkan, ketika Anda masih menggunakan Layanan, atau sepanjang penyimpanan tersebut diharuskan atau diperkenankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

    Kami akan berhenti untuk memproses  Data Pribadi Anda setelah mengkaji alasan bahwa pengumpulan Data Pribadi tersebut tidak lagi terpenuhi dengan pemrosesan Data Pribadi terkait, serta pemrosesan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum dan bisnis.

 

  1. Pemrosesan Data Pribadi

    Dasar pemrosesan atas Data Pribadi yang dilakukan oleh Kami meliputi:

    1. Persetujuan yang sah secara eksplisit dari Subjek Data Pribadi untuk 1 (satu) atau beberapa tujuan tertentu yang telah disampaikan oleh Kami kepada Subjek Data Pribadi;
    2. Pemenuhan kewajiban perjanjian dalam hal Subjek Data Pribadi merupakan salah satu pihak atau untuk memenuhi permintaan Subjek Data Pribadi pada saat akan melakukan perjanjian;
    3. Pemenuhan kewajiban hukum dari Kami sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
    4. Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya dengan memperhatikan tujuan, kebutuhan, dan keseimbangan kepentingan Kami dan hak Subjek Data Pribadi.

Subjek Data Pribadi, dengan ini mengakui dan jika diwajibkan oleh peraturan Perlindungan Data Pribadi yang berlaku, dalam hal:

    1. Untuk kepentingan hukum yang berlaku dan/atau untuk menanggapi proses hukum yang sedang berjalan.
    2. Untuk melindungi keselamatan Kami, keselamatan Subjek Data Pribadi atau keselamatan orang lain atau demi kepentingan yang sah dalam konteks:
    3. Keamanan nasional.
    4. Proses penegakan hukum.
    5. Penyelenggaraan negara.
    6. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.
    7. Agregat data dan pemrosesannya ditujukan guna kepentingan statistik dan penelitian ilmiah dalam rangka penyelenggaraan negara.
    8. Keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
    9. Untuk kepentingan audit internal di lingkungan Kami dan salinan yang terafiliasi.
    10. Jika diperlukan, sehubungan dengan proses hukum yang diajukan terhadap Kami, pejabat, karyawan, afiliasi atau pihak ketiga terkait lainnya.
    11. Untuk menetapkan, melaksanakan, melindungi, mempertahankan, dan menegakkan hak-hak hukum Kami.
    12. Dalam melakukan pemrosesan data, Kami bekerjasama dengan pihak lain baik dalam hubungan sebagai Pengendali Bersama atau Prosesor Data Pribadi.
    13. Dalam rangka Pemrosesan Data Pribadi dengan perusahaan afiliasi Kami, Kami hanya akan memberikannya dengan itikad baik dalam bentuk ringkasan atas dasar kepentingan yang sah di mata hukum.
    14. Untuk melakukan pengungkapan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga, dalam rangka untuk memberikan Layanan kepada Anda dan membantu pemerintah Republik Indonesia beserta institusi pendukungnya untuk pelaksanaan fungsi-fungsi negara.
    15. Untuk Layanan tertentu, Kami perlu memproses Data Pribadi yang spesifik, seperti informasi yang berkaitan dengan kesehatan, genetika, pengidentifikasi biometrik dan informasi lain yang dibutuhkan. Sejauh Kami memerlukan persetujuan eksplisit dari Anda untuk memproses data semacam ini, Kami akan memberikan perincian tentang pemrosesan Data Pribadi pada saat pengumpulan data dan meminta persetujuan dari Anda.

 

  1. Akses ke Data Pribadi

    Kami berkomitmen untuk memenuhi hak Anda untuk mengakses Data Pribadi yang dikumpulkan dan diproses. Dalam memenuhi permintaan akses ke Data Pribadi, Kami dapat menolak permintaan apabila menemukan bahwa permintaan akses ke Data Pribadi yang memenuhi salah satu atau lebih kondisi berikut ini:

    1. Membahayakan keamanan atau salinan fisik atau salinan mental dari Subjek Data Pribadi dan/atau orang lain.
    2. Berdampak pada pengungkapan Data Pribadi milik orang lain.
    3. Bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan permintaan akses Data Pribadi, Anda dapat menghubungi saluran komunikasi melalui yang tertera di bawah ini.

 

  1. Perbaikan dan Pemutakhiran Data Pribadi Anda

    Apabila Anda menemukan kekeliruan dalam Data Pribadi yang disebabkan oleh ketidakakuratan atau diperlukan pembaruan atas Data Pribadi, maka Anda dapat meminta kepada Kami untuk memperbaiki, melengkapi dan/atau memperbarui Data Pribadi yang berada dalam pengelolaan Kami dengan menghubungi saluran komunikasi yang tertera di bawah ini.

    Kami akan perbaiki dalam jangka waktu 3 x 24 (tiga kali dua puluh empat) jam terhitung sejak Kami menerima permintaan pembaruan/ perbaikan data yang Anda kirimkan.

    Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian Data Pribadi Anda, Kami berhak menghentikan Layanan berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan Kami.

    Kami menghimbau Anda untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan Data Pribadi Anda.

 

  1. Keamanan dan Kerahasiaan Data Pribadi Anda

    Keamanan dan Kerahasiaan Data Pribadi Anda adalah prioritas bagi Kami. Kami berkomitmen untuk memberlakukan upaya terbaik dalam rangka melindungi dan mengamankan Data Pribadi dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

    Kami terus memperbarui langkah-langkah ini, memastikan langkah-langkah tersebut sejalan dengan teknologi terkini dan praktik terbaik. Meskipun Kami berupaya mempertahankan standar keamanan tertinggi, harap diingat bahwa tidak ada sistem yang sepenuhnya aman.

    Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Data Pribadi yang berada di luar kendali Kami, Kami akan dengan segera memberitahukan kepada Anda pada kesempatan pertama sehingga dapat mengurangi risiko yang timbul atas kejadian tersebut. Anda bertanggung jawab dalam menjaga kerahasiaan informasi Data Pribadi Anda, termasuk menjaga username, password, email maupun OTP (One-Time Password) dari siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang digunakan.

 

  1. Penghapusan dan Pemusnahan Data Pribadi

    Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau sesuai kebijakan retensi arsip data milik Kami yakni 10 (sepuluh) tahun atau sesuai atas permintaan Anda, Kami dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dari salinan agar tidak dapat lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal untuk memenuhi kewajiban hukum, keperluan pembuktian di kemudian hari, pajak, audit dan akuntansi.

    Setelah Kami menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda, Kami akan mengirim pemberitahuan kepada Anda melalui email di info@lintasarta.co.id.

 

  1. Perubahan atas Pemberitahuan PDP

    Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi (PDP) ini dapat diubah dan/atau diperbaharui sesuai kebutuhan. Kami menghimbau kepada Anda agar selalu membaca dengan seksama dan memeriksa halaman ini secara berkala untuk mengetahui perubahan atas kebijakan ini.

    Dalam hal penggunaan Data Pribadi Anda oleh Kami, Anda memiliki hak untuk:

    1. Meminta salinan Data Pribadi.
    2. Meminta untuk memperbaiki data yang salah, atau melengkapi Data Pribadi yang tidak lengkap.
    3. Menyampaikan keluhan kepada otoritas Pelindungan Data atau regulator independen lain tentang penggunaan Data Pribadi.
    4. Meminta untuk menghapus Data Pribadi apabila data tersebut tidak lagi diperlukan untuk tujuan yang ditetapkan atau jika tidak ada dasar hukum lain untuk pemrosesan atau hal ini tidak dibatasi oleh ketentuan.


Anda
dapat mengajukan permohonan atas hal ini setiap waktu dengan menyampaikan pemberitahuan yang beralasan ke saluran komunikasi yang disediakan oleh Kami.

 

  1. Penarikan Persetujuan

    Anda dapat menarik persetujuan atas Data Pribadi untuk pemrosesan promosi / marketing dengan dengan menghubungi Kami melalui email di info@lintasarta.co.id.

 

  1. Kebijakan Penggunaan Cookies

    Kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman Anda saat menjelajah website, memberikan personalisasi iklan atau konten, dan menganalisis traffic Kami.

    Website ini menggunakan cookies untuk membedakan Anda dari pengunjung lain pada website ini. Hal ini untuk membantu Kami dalam memberikan pengalaman yang baik ketika Anda menggunakan webiste dan juga memungkinkan Kami untuk meningkatkan kualitas Layanan melalui website.

    Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa atau semua cookies, namun penonaktifan dapat memengaruhi pengalaman menjelajah Anda

 

  1. Hubungi Kami

    Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan Pemberitahuan PDP ini, memiliki keluhan terkait layanan Kami, dan dalam kaitan penanganan perselisihan hukum, silahkan hubungi Kami melalui saluran komunikasi sebagai berikut:

    Call Center : 14052
    Email: info@lintasarta.co.id

UNTUK MENDAPATKAN KABAR TERBARU

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog kami dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.